Senin, 18 Februari 2013

Menjadi "Remover Password" butuh kesabaran

Sehabis kerja tergopoh-gopohlah salah satu rekan kerjaku di instansi yang selama ini aku mengabdi untuk bekerja dan mensharing ilmu. Dengan sedikit ngos-ngosan menghela nafasnya yang tadi aku liat sedikit berlari ketika mengejarku mau pulang. Sambil menghela nafas sejenak dia menyodorkan sebuah laptop Acer 4736 G, sambil berkata "Pak minta tolong laptop yang dulu di Recovery bapak kok tiba-tiba kemarin keluar password untuk login padahal saya ndak merasa membuat password". Aku bilang " OK Pak, laptop-nya tak bawa dulu yah nanti di rumah tak cek bagian mana yang menjadi masalahnya. Kemudian sambil memberikan laptopnya kepadaku seraya berkata "Terima kasih sebelumnya Pak". Sama-sama pak, kemudian aku cepet-cepet pulang karena di rumah juga sudah menunggu "pasien"  lain yang  komputernya mati dan butuh penanganan cepat.


Setelah Ashar aku coba nyalakan laptop titipan tenmanku tadi siang, maunya setting BIOS dulu, eeh ternyata dipassword juga. Padahal dulu aku sewaktu benahin ini laptop ndak pernah tak password BIOS-nya. Kemudian aku putuskan untuk menelpon  dulu temenku tadi dan aku coba tanyakan sipa yang udah main-main dengan BIOS di laptopnya. temenku bilang,  "Anak saya pak kemarin waktu pulang liburan dari kuliahnya". Aduh ini udah dua kali aku dikerjain dan ditantang "pinter-pinteran nutup / buka security laptop. Mau minta bantuan security "Pak Miskan" yah, belum tentu bisa malah diketawain terus nanti :D . Tapi untung -nya aku punya ilmu cadangan yang bisa diterapkan hasil berguru di salah satu anak ITS dulu ketika masih di Surabaya. Dengan hanya membongkar casing bawah laptop kemudian di short jumper pada pin-nya setelah itu laptop aku nyalakan dan masuk BIOS Setup. Taraaaaa, hilang deh passwordnya. Alhamdulillah selanjutnya tinggal setting Boot devicenya yang rupanya juga sudah diubah oleh anak temenku ini (kurang kerjaan kali ya).

Dari kejadian tadi aku sempat merenung sesaat kenapa BIOS juga dipassword?. Kemudian aku berasumsi sendiri, Kalo BIOS di Password berarti laptop ini memang ndak boleh diakses oleh siapapun. Tapi prinsipku "tidak ganpang menyerah" hanya diberi sebuah permainan pinter-pinteran membuat security dan membukanya. Sekali tebas 2 password terbuka dan berhasil kudapatkan dengan mudah.

Malam hari sekitar pukul 21.25 WIB, laptop Acer 4736 G aku coba buka lagi dan nyalakan. Beberapa detik tampil login Windows dengan nama user @_rdneus dan dibawahnya muncul kotak password. Aku coba masukkan password recovery masih belum bisa. Searching cari aplikasi password remover Windows 7 di mbah gugel dan dapat 5 aplikasi tapi masih belum juga bisa.

Sampai kurang lebih  jam 2.53 WIB pagi hari aku memutuskan untuk menggunakan HBCD (Hirens Boot CD) aplikasi andalan terakhirku warisan temen dulu ketika bekerja di salah satu perusahaan komputer di Surabaya awal tahun 2003. Dan alhasil dengan menggunakan HBCD versi 15 ini akhirnya berhasil aku buka dan berhasil aku buat User baru sebagai Level Administrator di Windows 7 yang terpassword tadi.

Akhirnya jam 4.20 WIB pagi, selesai sudah petualangan "merecovery password bios dan windows 7 " pada laptop Acer 4736G . Dan setelah Subuh aku rebahkan sudah kelelahan badan dan pikiran yang semaleman begadang. SEMOGA MENJADI PENGALAMAN TERAKHIR yang selalu MENYENANGKAN. (eof)

0 komentar:

Posting Komentar